Assessment Center

Kegiatan mengukur kemampuan seseorang berdasarkan perilaku yang telah ditampilkan disesuaikan dengan standar penilaian perilaku Asesment center tidak mengukur potensi, murni melihat perilaku yang telah tampil, namun bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk memprediksi kemampuan seseorang dimasa yang akan datang.

Penting bagi perusahaan untuk memiliki standar perilaku yang diharapkan/ kompetensi sebelum memulai proses asesmen sebagai dasar penilaian seorang asesor.

Bentuk simulasi : LGD, Roleplay, In Basket Exercise, Analisa Kasus, Presentasi, Business Games, BEI

Bisa dilakukan oleh seorang yang bukan Psikolog, mereka yang bersertifikasi dan memiliki pengalaman dibidang AC dan terampil mengobservasi perilaku boleh melakukan pengukuran ini.

 

Psychological Assessment

Mengkombinasikan alat tes psikologi dengan simulasi perilaku untuk mengukur kemampuan seseorang disesuaikan dengan kriteria penilaian yang ditetapkan. Kegiatan ini mampu mengukur potensi selain kompetensi yang telah ditampilkan dan bisa didapat informasi mengenai dinamika pribadi seseorang terkait dengan satu situasi tertentu.

Harus dilakukan oleh Psikolog sesuai dengan kode etik yang berlaku, karena menggunakan alat ukur psikologi.

 

Asesmen + Observasi Lapangan

Mengkombinasikan pengukuran kemampuan berdasarkan simulai dengan kegiatan lapangan (outbond). Karena dihadapkan pada situasi sebenarnya (real case) maka tampilan perilaku seseorang sangat akurat dan sesuai dengan kemampuan / kapasitasnya.

Kerangka Berpikir